Wednesday, July 12, 2017

Behel Bikin Gigi Jadi Rapih? Emang Bisa?

Hallo!

Punya gigi yang berantakan dan gak pede? Pernah kepikiran buat pasang behel tapi masih ragu? Sebelum pasang behel ada baiknya kalian baca dulu pengalaman aku. Sebenernya aku pasang behel udah lama banget yaitu tahun 2012 bulan Februari. Waktu akhir-akhir kelas satu SMA dan aku copot behel setelah ospek kuliah. Jadi, aku pakai behel kurang lebih tiga tahun.


Kalau aku pribadi tujuan pakai behel emang murni buat ngerapihin gigi. Posisi gigi aku yang bawah itu lebih depan daripada yang atas. Terus aku punya gingsul di kiri sama kanan. Kayak macan aja gimana.

ini gigiku sebelum dibehel
Akhirnya setelah minta dan merengek-rengek manja sama mamah, akhirnya kita pun sepakat buat pasang behel. Tapi, masih bingung buat pasang di mana. Dokter atau ahli gigi ya? Sempet kepikiran buat pasang di ahli gigi karena murah. Tapi, Bapak bilang lebih baik di dokter gigi aja yang udah jelas dan terjamin. Ahli gigi emang murah, tapi hasilnya gimana? Akhirnya kami pun sepakat buat pasang behel di dokter gigi deket rumah.

Aku tinggal di Bandung. Waktu itu harga pasaran behel Rp. 2.500.000. Aku sama mama datenglah ke dokter gigi buat konsultasi masalah behel ini. Niat awalnya aku mau pasang yang atas aja gitu biar gak ada taring macan or gingsul or sihung ini. Tapi, kata dokternya ini harus dipasang atas bawah. Akhirnya aku pun dipasang atas-bawah dengan biaya Rp. 5.000.000. Aku gak tau yah kalau tahun sekarang biayanya berapa. Tapi mungkin lebih murah. Apalagi kalau pasang atas bawah bisa-bisa dapet diskon (LAH, dikata beli baju apa xD)

Pada pertemuan pertama ini gigiku dicetak. Setelah itu kami dikasih rujukan buat rontgen di lab luar. Setelah hasil rontgen jadi, kami datang lagi ke dokter giginya buat ngasihin hasil itu. Katanya harus nunggu lagi beberapa hari buat nganalisis. Selanjutnya gigiku dibersihin dari karang-karang itu pun gak sakit dan gak terlalu lama karena emang karang gigi aku gak banyak. Aku gak punya gigi bolong, sakit gigi, or sesuatu yang menyulitkan pemasangan. Jadi, pertemuan selanjutnya langsung pemasangan.

Akhirnya proses pemasangan pun tiba. Itu dilakukan sebelum jam prakteknya karena emang ngebutuhin waktu lama. Aku sama mama dateng jam satu siang. Pertama dibersihin pastinya. Lalu gigiku ditempeli bracket pake lem khusus yang lumayan asem sekali yha. Kumasih ingat asemnya kek gimana. wkwkw. Setelah itu lanjut kawat dan karet. 

Pada awal pemasangan gak semua gigi aku dipasangin bracket karena posisinya belum memungkinkan. jadi masih ada kawat yang melintang bebas, belum merapat di badan si bracket.

pipinya jadi naik gitu


Waktu selesai pemasangan, dokter gigiku ngasih edukasi makanan dan cara makan seperti apa yang nggak boleh. Katanya jangan makan yang keras. Terus kalau makan apel/jagung jngan makan langsung gigit pake gigi depan. Bagusnya potong aja dulu baru kunyah. Terus dia kasih tau cara sikat giginya, kumur-kumurnya, dan ngasih kit segede tempat pensil yang isinya sikat gigi lipat, sikat kecil buat celah, dental floss/benang buat gigi, sama dikasih lilin.

Apa yang dirasain setelah pasang behel? Waktu pulang dari dokter gigi semuanya masih biasa. Nggak kerasa apa-apa. Tapi pas malem barulah kerasa itu LINU LUAR BIASA. Pantes aja dokter giginya nanya udah makan belum? Karena katanya pas selesai dipasang bakal susah. Ya, benar. Jangankan ngunyah nasi, gigi atas ketemu gigi bawah aja sakit luar binasa. Ngunyah bubur pun linu. Malah nyerinya sampai kebawa mimpi. Beneran. Linu banget. Itu sampai satu minggu aku cuma makan bubur. Roti sama risoles yang lunak pun bikin linu pas ngunyah. Tapi, setelah itu linunya pun berangsur-angsur hilang.

Perubahan setelah pasang behel? Yang pasti bibir jadi tambah tebel karena ada lapisan asing di atas gigi aku. Pipi juga jadi ngangkat gitu pas senyum kalo aku sih. Pokonya ngaruh ke rahang dan bentuk muka.

Jadwal Kontrol di masa-masa awal pun adalah tiap dua minggu sekali. Tapi selanjutnya berubah jadi satu bulan sekali.

bibir bawah lebih depan daripada bibir atas.
 bcs my gigi bawah emang lebih depan wkwkwk

Setelah pemasangan apa pernah sariawan? PERNAH! Dan bisa dibayangin gimana menyiksanya. Sariawan tanpa behel aja udah sakit. Apalagi dengan behel. Luka sariawan itu kebentuk karena gesekan dinding mulut sama bracket. Dan, luka sariawan itu akan terus kegesek sama si bracket. Makanya dikasih lilin khusus. Buat ditempel di atas si bracket dan melindungi sariawan dari gesekan yang bikin makin parah. Saya ga ngerti sih itu lilinnya ada kandungan khusus apa gimana. Yang pasti setelah si sariawan gesekan sama si lilin, entah kenapa si sariawan ini jadi sembuh cepet. WKWKWK,

April 2013

Seiring berjalannya waktu, semua gigi aku pun dipasangin bracket lengkap. Gigi mulai rapih seperti gambar di atas. Bentuk senyum mulai berbeda. Gigi atas mulai menampakkan dirinya. Gigi bawah mundur ke tempat seharusnya.

Mei 2013 Saya pilih karet warna biru


Masih Mei 2013, hmm sepertinya karetnya warna ungu


Juni 2013


Juni, dokter bilang ada celah antar gigi. Jadi, dia pasang karet yang saling sambung seperti gambar di atas supaya gigi aku rapet lagi. (Bukan karet satu-satu kayak biasa).

Ada karet tambahan di gigi depan yang tengah. Supaya gigi aku yang dua itu rapet lagi


Akhirnya setelah melewati bertahun-tahun dengan behel, aku pun bilang mau lepas aja. Dokter bilang udah boleh. Gigi aku udah rapih dan hmmm biaya sekali kontrol per bulan emang lumayan. Bisa Rp. 100.000 dan bisa lebih kalau ada sesuatu hal yang harus diganti or sesuatu baru yang harus dipasang. Di awal gigi aku pernah ada kawat per-nya. wkwkwk. Terus bracket aku juga pernah copot dan ketelen waktu makan yang keras-keras. Tau-tau udah ilang aja dari gigi. Ada juga yang copot tapi masih ngegantung di kawat.

Nah, setelah perjuangan finansial yang melelahkan dan merepotkan keuangan mamahku. Akhirnya aku pun copot behel. Tapi... mamah malah sempet mikir buat pake behel selamanya. Hmmm.... mama emang gak masalahin duit ya. Dia rela-rela aja gusti ;') love mom.

Lalu apa yag dirasa setelah lepas?

ANEH, rasanya aneh! Kayak ada sesuatu yang ilang. Aneh aja sensasinya waktu dinding bibir kita bersentuhan sama gigi, bukan bracket. Dan selain itu, buat ngejaga kerapihan gigi, dokternya nawarin dua opsi restraightner. Ada yang besi, ada yang transparan. Aku pilih yang besi, jadi semacam kawat lepas pasang yang segaris. Atas bawah juga dan harganya Rp. 250.000 satunya. alias harus keluar lagi Rp. 500.000 buat restraightner. 

Awal pake restraigner itu aku ga ngerasa gimana-gimana. ga kerasa narik gigi. Tapi, karena aku males pake jadi begitu aku liat gigi aku ubah posisi... aku pun coba pake restraigner pas tidur. Dan... LINU. WKWKW. ya ibarat kan itu cetakan gigi waktu rapih, pas gigi udah ubah posisi otomatis kan si gigi kita dipaksa buat ngikutin bentuk gigi yg sebelumnya.

aku ngerasa gigi aku itu gerak. Yang gigi depan LAGI-LAGI jadi ada celah. Tapi... pas mau nyari restraightner... wihh... ILANG ;') kayaknya dibuang si bibi waktu beres-beres. Soalnya aku simpen di plastik bening gitu. huhuhu.

Februari 2016 senyum tanpa keliatan gigi

Februari 2016

Itu dia hasil behel selama kurang lebih tiga tahun. Gimana? Berubah kan mulai dari bentuk senyum, rahang, sampe gigi. Buat kalian yang masih ragu pasang behel semoga postingan ini ngebantu nyakinin sebagai bukti bahwa behel bisa bener-bener ngerapihin gigi kamu! Tapi ingat dulu... pasangnya di mana? YA DOKTER GIGI :)



No comments:

Post a Comment

jangan jadi silent reader, tinggalkan komentar atau mention @tersugakan